Jumat, 09 Juli 2010

Jubileum Emas Gereja St. Paulus Kulibul

Tahun 2011 nanti, tepatnya tanggal 29 Juni 2011, Paroki Kulibul akan merayakan peringatan 50 tahun Gereja Katolik Santo Paulus Kulibul atau Jubileum Emas. Lima puluh tahun tentu bukan usia yang muda lagi. Berbagai pengalaman perjalanan telah dilalui. Suka duka silih berganti namun Gereja Kulibul tetap melangkah pasti, setapak demi setapak. Tuhan telah menunjukkan kuasa dan kasih-Nya di Kulibul sehingga Gereja Katolik boleh tumbuh dan berkembang dengan baik.

Dalam rangka persiapan peringatan syukur tersebut, banyak pemikiran yang telah terlontar untuk memberi makna bagi peringatan itu sendiri dan sudah barang tentu bagi umat dan masyarakat sekitar. Panitia Peringatan telah dibentuk, program-program telah dirancang bulan demi bulan. Diharapkan setiap bulan harus ada kegiatan tertentu, tentu yang relevan dan bermanfaat, sehingga suasana peringatan dan syukur terkondisikan dan umat pun diharapkan benar-benar bisa melibatkan diri dengan sepenuh hati.

Pastor Paroki, Rm. Martanto, Pr. tampak sangat semangat. Meski beliau menangani dua Paroki, yaitu Paroki Roh Kudus Babakan dan Paroki St. Paulus Kulibul, perhatian, pendampingan dan pelayanan beliau di Paroki Kulibul tetap berjalan dengan baik. Sebagai contoh, saat pertemuan membahas program-program kegiatan, beliau ternyata terlebih dahulu telah menyiapkan rancangannya selama satu tahun, sehingga perserta rapat tinggal mengarahkan perhatian pada draft yang telah dibuat tersebut. Ini tentu sangat membantu. Terima kasih romo.

Bulan Juni 2011 memang masih setahun lagi, namun jika tidak disiapkan dari sekarang, setiap waktu akan sia-sia. Panitia memang harus bekerja cepat namun tetap bijak dan profesional. Dukungan DPP, Dewan Keuangan dan Umat sendiri adalah keharusan, jika tidak betapa pun bagus dan operasionalnya program yang dirancang, semuanya akan tinggal lembaran-lembaran yang berakhir di kotak sampah kesia-siaan.

Jadi, mari kita dukung sepenuhnya mereka-mereka yang dipercaya untuk mengambil tugas dalam rangka Jubileum Emas ini. Tujuan yang baik harus dilakukan dengan cara-cara yang baik pula....dan kita senantiasa harus yakin bahwa Tuhan akan memberikan yang terbaik untuk kita, untuk Gereja Katolik Santo Paulus Kulibul.

Selamat, selamat, selamat....

2 komentar:

  1. saya adalah salah satu warga paroki yang saya banggakan ini.Tetapi saya sangat terkejut melihat dan membaca rencana kegiatan dalam menyongsong 50 th gereja St.Paulus Kulibul ini sifatnya lebih banyak ke jasmani saja tanpa menyentuh tujuan pokok dari pewartaan Kristus sendiri. Saran saya sebelum terlambat wahai para panitia yang terhormat tolong sertakan kegiatan yang lebih bersifat kerohanian untuk mendapat perhatian yang lebih mendalam karena Tuhan Kita Yesus Kristus pasti lebih menyukai kegiatan yang lebih membina iman umat di paroki ini. Seperti kegiatan Kebangunan Rohani Katolik (KRK) seperti yang pernah dilakukan oleh beberapa Paroki di wilayah Denpasar ini,untuk lebih menggali unsur keimanan bagi warga paroki dan guna lebih menghargai arti Ekaristi-karena banyak diantara kita kurang menghargai arti sakramen Ekaristi (Ke Gereja lebih bersifat suatu kewajiban dan bukan kerinduan), dan juga bisa dengan mengadakan rekoleksi-rekoleksi yang lebih bersifat doa-doa Kontemplatif terbimbing.
    Demikian saran saya dan semoga mendapat perhatian bagi para DPP dan Panitia.

    Hormat saya,

    Wargamu

    BalasHapus
  2. setuju perayaan emas paroki lebih fokus pada refleksi hidup beriman umat paroki kulibul, apakah ada acara saresehan rohani, musyawarah pastoral paroki sehingga dapat ditemukan apa kehendak umat beriman dan Tuhan dalam hidup paroki setelah 50 tahun ini

    BalasHapus

Terima kasih, komentar Anda akan sangat berguna bagi kami.